Radar malang adalah sebuah surat kabar yang sangat populer di kota Malang juga sangat dikenal dan berpengaruh di daerah lainnya.
Sejarah
- Keberadaan Radar Malang tidak lepas dari Jawa Pos Biro Malang yang berdiri sejak 1980 an.
- Tahun 1999 menjelang otonomi daerah di Indonesia, Jawa pos membuat 7 radar di Jawa Timur sebagai pelopor Koran daerah.
Adapun Tujuh radar yang berdiri tahun 1999 adalah:
- Malang
- Kediri
- Member
- Bromo
- Madiun
- Bali
- Madura
Saat ini di Jawa Timur sudah ada 12 radar yakni:
8. Banyuwangi
9. Surabaya
10. Tulungagung
11. Mojokerto
12. Jombang
Radar Malang & Jawa Pos (sebagai holding) mempunyai anak perusahaan dengan berbagai macam jenis:
a. Media Cetak
- Koran di semua provinsi Indonesia, dengan jumalah sedikitnya 300-an Koran berserta anak perusahaan di kota-kotanya masing-masing.
- Majalah sedikitnya 100-an.
- Tabloid sedikitnya 70-an.
- Radar Malang berada dalam cluster Jawa Pos Radar(JPR). Ada 18 koran lokal yang tersebar di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali.
- Sampai saat ini, Radar Malang terbesar daalm hal oplah dan kapasitas (onset,laba).
b. Media Elektronik
- Mempunyai jaringan sedikitnya 35 televisi lokal.
c. Media Online
- Jawa Pos Digital
- Jawa Pos.com
- Online di seluruh daerah
d. Hotel
News Hotel.
e. Percetakan
Temprina.
f. Pabrik Kertas
Adiprima Suraprinta.
g. Power Plant
h. Dan lain-lainlain-lain.
Sisi bisnis Koran
- Khas karena mempunyai sisi ideologi yang berbeda yaitu idealis(berita) dan bisnis(iklan).
- Sisi produknya bisa dianggap sebagai barang sekaligus jasa.
- Jam kerja khas(divisi redaksi).
Tantangan bisnis Koran
1. Gempuran online, media sosial dan media elektronik.
2. Life style yang berubah
Orang semakin suka hal praktis, mempengaruhi pola orang memasang iklan.
3. Perubahan demografis
Tren angka usia muda yang selalu meningkat sehingga memberikan tantangan untuk selalu biasa menyesuaikan keinginan pembaca yang semakin muda.
Strategi
1. Konten
Pola lebih indepth, investigative, blow up
2. Membuat online berbasis Print(edisi cetak).
Saling mengait, berita cetak mengait online dan berita online mengait cetak.
3. Membuat batasan
Berita cetak belum tentu ada di edisi online begitupun sebaliknya.
4. Mengikat brand dengan menjadi solusi setiap persoalan di masyarakat.
- Jawa Pos grup mengadakan kompetisi terkait produk setiap 3 bulan dengan penilaian berupa foto, isi berita dan infografis.
- Radar Malang sering mengikuti kompetisi dan beberapa kali berhasil menjadi salah satu dari 10 besar.
- Berkolaborasi dengan iklan
- Mengadakan event-event asik untuk menarik khalayak.
- Membuat jembatan betek, jembatan di Jl. Pramuka, dan lain-lain.
- Filosofi Part of The Show
- Out of the box.
5. Menggaet minat pembaca muda
- Rubrik zetizen.
- Mengenalkan koran kepada generasi Z, saat ini sudah mempunyai 2.158 member pembaca usia muda < 20 tahun.
6. Menggaet komunitas, keluarga, perempuan.
7. Harus selalu berada dalam " alam bawah sadar" pembaca/masyarakat. Sehingga, brand Radar Malang harus terus menerus tampil ke public.
- Butuh off print (event)
Radar Malang gencar membuat event (one month, mingguan dan lain-lain).
Divisi Radar Malang
1. Redaksi
2. Iklan
3. Koran, event dan pengembangan bisnis
4. Keuangan
5. HRD daUmum
Lima unsur dasar strategi marketing Radar Malang
1. Penentuan Pasar
- Penentuan STP (segmentation, targeting, psitioning).
- Segmentasi prioritas: menengah (kelas B), menengah ke atas (kelas AB), dan atas (kelas A).
- Young people.
- Women
- Netizen
- Young family
2. Perancangan produk
- Ada harga psikologis yang harus dijaga.
- Cermat dalam merumuskan harga Koran.
- Ada margin yang harus dibagi dengan agen.
Jalur Koran masih konvensional. Percetakan > ekspedisi > agent > sub agent > striker > pembaca.
5. Promosi dan Komunikasi
a. Promotion by product
Membuktikan kepada pembaca/pelanggan/public bahwa:
b. Promotion by customer satisfaction
- Produk kita berbeda
- Produk kita nomor satu
- Produk kita berpengaruh
- Target kepuasan pelanggan
- Tidak menjual koran/iklan secara langsung, tapi menjual ide/konsep sesuai kebutuhan klien.
c. Promotion by recognition
Promosi dengan pengakuan (klien loyal dan fanatik) untuk memperkuat brand dan menjaring lebih banyak klien.
d. Promotion by achievement
Antara onset dan cash flow harus seimbang
Parameter sehat:
~omset iklan dan omset Koran
~laba
~umur piutang iklan
~umur piutang koran
Memantau target setiap tri wulan.
5.HRD
Keahlian penilaian terhadap plus minus karyawan.
Karyawan istimewa:
Tahu apa yang harus dikerjakan tanpa harus disuruh dan hasil pekerjaan melebihi ekspektasi, nilai > 85.
Karyawan baik:
Tahu apa yang harus dikerjakan, sering tanpa disuruh dan hasil pekerjaan sama dengan ekspektasi, nilai 81-85.
Karyawan standard:
Tahu apa yang harus dikerjakan, harus disuruh dan hasil pekerjaan kadang dibawah ekspektasi, nilai 70-80.
Karyawan kurang:
Sering harus diingatkan apa yang harus dikerjakan, masih patuh, hasil pekerjaan sering tidak sesuai dengan ekspektasi.
Karyawan mbencekno:
Selalu harus diingatkan apa yang harus dilakukan, sering tidak patuh dan hasil pekerjaan mengecewakan.
Sehingga, hasil mapping dijadikan dasar untuk membentuk The Dream Team yang diambil dari sedikitnya 20% karyawan istimewa dan karyawan mbencekno tidak boleh lebih dari 5%. Menganut teori pareto.
Keunggulan radar malang
- menerbitkan berita yang lebih mendalam (berbeda dengan berita online).
- Tampilan menarik(lay out dan grafis terbaik).
- Harga terjangkau.
- Berita terpercaya, khas, kreatif dan nomor satu.
- Banyak event menanti.
0 komentar:
Posting Komentar